Pentingnya Hafalan

Bismillahirrahmaanirrahiim.
Segala puji bagi Allah. Selawat dan salam semoga tetap tercurah kepada Rasulullah, keluarga dan sahabatnya serta orang yang mengikuti jejaknya.

Selanjutnya, Hadis adalah ilmu yang tinggi nilainyai, besar manfaatnya, dan menjadi tumpuan kebanyakan hukum syariat, sebagaimana kata Al-Imran Ibnul Qayyim rahimahullah. Hadis adalah sesuatu yang paling penting untuk diperhatikan dan dihapal setelah Al-Quran, karena ilmu itu menuntut hafalan.

Ibnul Jauzi mengatakan didalam kitab “Shaidul Khaathir”(hal.205), bahwa orang yang menuntut ilmu seyogyanya sebagian besar perhatiannya tercurah kepada hafalan dan penelaahan. Seandainya kondisi memungkinkan, maka lebih utama demikian, hanya saja fisik manusia itu mengalami pasang surut, sedangkan memaksakan diri di luar kemampuan cenderung mengakibatkan kegagalan.

Tatkala kekuatan manusia melemah, maka diperlukan pembaharuan hafalan bagi generasi selanjutnya, lalu penyuntingan penelaahan, dan penyusunan kitab menjadi keharusan. Karena hafalan itu penting, maka pelestarian ilmu terbagi menjadi dua: Hafalan siang malam tetap diperlukan, lalu di sisi lain harus ada penyuntingan dan penelaahan menurut kemampuan.

Sebaiknya lemahnya ingatan tidaklah terjadi. Apabila seseorang menghadapi sesuatu yang di luar kemampuannya, maka akan mengakibatkan lemahnya ingatan. Diri manusia –dalam belajar– juga membutuhkan penyuntingan, penelaahan, penyusunan kitab untuk di kaji berulang-ulang, karena demikian itu lebih enak dan lebih ringan.

Al-‘ Askari mengatakan didalam kitab “Al-Hitstu ‘alaa Thalabil ‘Ilmi” (hal.71), “Saya pernah tidak bisa menghapal ketika kali pertama saya mencoba untuk menghapal qashida Ru ‘bah yang antara lain berbunyi: “Wa Qaa-imul A ‘maaqi Khaawil Mukhtaraq” hanya dalam waktu semalam hampir sejumlah 200 bait.

Anda hendaklah memperhatikan hafalan dalam mencapai ilmu yang diinginkan, *karena ilmu adalah penghasilan Anda yang sesunggunya, dan sebaik-baik ilmu yang Anda hapalkan adalah ilmu syariat.

Untuk sesaat sampai disini ya..
bersambung…

Related posts