SYARAT SYARAT AMPUH BISA MASUK SURGA

Semua orang siapapun dia dari yang kaya, menengah, dan miskin kepingin masuk surga.

Baik dia beragama maupun atheis kita semua aku yakin 100% pingin masuk surga. Sebenarnya apa itu surga? Mengapa semua orang mendambakannya? Untuk menjelaskannya kita harus tahu apa itu surga dan bagaimana mendapatkannya .

Surga ialah kehidupan abadi dimana kita tidak bisa merasakan penderitaan sedikitpun dan yg kita rasakan kebahagiaan dan kenikmatan tak terhingga . Lalu bagaimana tuk mendapatkannya ?

Untuk mendapatkannya Allah SWT telah berfirman dalam surat Al ‘Ashr (QS : 103 1-3):

وَالْعَصْرِ (١) إِنَّ الإنْسَانَ لَفِي خُسْرٍ (٢) إِلا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ

(1) Demi masa. (2) Sesungguhnya manusia dalam kerugian. (3) Kecuali dia beriman, beramal shalih, saling menasehati dalam kebenaran dan saling menasehati dalam kesabaran.

Maksud dari firman Allah sangat jelas disebutkan bahwa semua manusia dalam kerugian jika tidak beriman, tidak beramal shalih, tidak mau menasehati dalam kebenaran dan kesabaran. Siapapun dia, apapun profesinya bahkan setinggi apapun ilmu agamanya jika dia meniadakan salah satu perintah Allah dia tidak akan masuk surga. Bukan berarti dia muslim dia percaya pada Allah dia bisa masuk surga tentu tidak. Dia muslim dia beriman pada Allah dan mengerjakan amal shalih, apa dia bisa masuk surga tentu tidak .

Jadi untuk masuk surga seseorang itu harus beriman, beramal shalih, saling menasehati dalam kebenaran, dan saling menasehati dalam kesabaran siapapun dia apapun profesinya.

Nah sekarang mari kita bahas apa itu orang beriman, beramal shalih, saling menasehati dalam  kebenaran dan saling menasehati dalam kesabaran.

Orang-orang yang beriman pada umumnya percaya pada satu Tuhan yaitu Allah SWT, logikanya kalau kita beriman pada Allah tentu kita mau menyembahNya, menyebut namaNya dan mau mengerjakan apapun yang diperintahkanNya. Selain kita beriman pada Allah kita juga wajib mengimani makhluk ciptaanNya dan peristiwa-peristiwa seperti beriman pada malaikat, nabi atau rasul yg berjumlah 25, qadha dan qadar dan hari kiamat

Yang kedua beramal shalih yaitu orang-orang yang kita ketahui seperti mau mendirikan shalat 5 waktu, berpuasa, zakat bahkan mau menunaikan ibadah haji bagi yang mampu yang disebut dalam rukun Islam. Bisa juga ditambah dengan ibadah-ibadah sunnah seperti shalat sunnah, puasa sunnah, umrah dan sebagainya .

Yang ketiga ini sangat gampang kelihatannya tapi sangat sulit dilakukan, dimana kita harus mengajak sesama umat muslim untuk mengerjakan amal shalih baik itu kawan sepermainan kita, teman sosmed, keluarga, saudara dan tetangga kita.

Orang-orang tsb sudah melakukan syarat ketiga yang dimaksud yaitu saling menasehati dalam kebenaran.

Dan yang terakhir menasehati dalam kesabaran, setelah kita mengajak keluarga, teman dan saudara kita melakukan amal shalih kita juga harus berupaya terus membimbingnya untuk tetap melakukan amal shalih apapun keadannya maupun dia sakit, sedih, kecewa atau keadaan galau lainnya sehingga dia berhenti untuk mengerjakan amal shalih. Bisa juga disaat tetangga, teman, saudara kita tertimpa musibah apa itu bencana alam maupun kehilangan orang yang disayangi yang kita lakukan adalah menghiburnya dan menyabarkannya .

Nah demikitan tadi syarat-syarat ampuh yang kita yakin kita bisa melakukannya dalam kehidupan sehari-hari , Insya Allah kita semua yang melakukan ini akan masuk surga.

Penulis : Fadly Ahmad